Alasan kenapa seseorang merokok

   Merokok pada jaman sekarang bukanlah hal yang tabu lagi. Mulai dari orang tua, remaja, bahkan anak anak dibawah umur sudah banyak yang merokok. Bagi orang tua khususnya laki laki merokok adalah hal yang wajar, tetapi alangkah mirisnya melihat anak anak yang sudah mengenal rokok di usia dini. Para orang tua yang seharusnya memberi panutan, malah bersikap tidak mau tahu dan tidak perduli. Banyak orang tua yang melarang anaknya merokok, tetapi malah merokok didepan anaknya, itu sama saja omong kosong. Kurangnya perhatian pemerintah dalam hal ini membuat anak anak dibawah umur bebas membeli rokok.

   Meskipun di bungkus rokok sudah tertera peringatan, bahkan gambar bagian tubuh yang rusak akibat merokok, tetap saja tidak mengurangi orang orang yang mengkonsumsi rokok. Rokok seperti sudah menjadi rutinitas seseorang setiap harinya. Kalau satu hari saja tidak mengkonsumsi rokok, rasanya seperti ada yang kurang. Ya kita tidak bisa juga menyalahkan seorang perokok. Setiap orang yang merokok pasti memiliki alasan sendiri mengapa dia merokok. Mari kita simak beberapa alasan kenapa seseorang merokok.

1. Menghilangkan stres
        
Bagi para pecandu rokok salah satu alasan yang membuat mereka merokok adalah rokok dapat menghilangkan stres, atau setidaknya mengurangi stres yang mereka alami karena suatu masalah yang sedang mereka hadapi.

2. Rasa lega dan santai
         Rasa lega dan santai yang dirasakan saat menikmati rokok menjadi alasan seseorang menjadi kecanduan rokok.

3. Untuk jeda setelah melakukan sesuatu
         Hal ini dilakukan saat jeda untuk beberapa aktivitas tertentu, misalanya merokok setelah makan, atau merokok sambil menikmati kopi / teh disaat sedang bersantai atau pun membaca koran di pagi hari.
 
4. Pergaulan
         Beberapa orang beralasan merokok membuat mereka diterima dipergaulan khususnya para remaja. Dan biasanya didalam komunitas tersebut juga berisi orang orang yang merokok.

5. Rasa percaya diri
         Seseorang yang merasa kurang percaya diri biasanya akan lebih mudah menjadi perokok. Mereka percaya rokok menjadikan rasa percaya diri mereka bertambah. Yang awalnya malu malu didalam suatu komunitas, menjadi berani bergaul.

6. Ingin diakui
        Seseorang yang ingin mendapat pengakuan dari teman teman sebayanya akan memilih rokok sebagai alasan utama. Alasannya agar tidak dianggap cupu, dan disepelekan. Merasa diremehkan atau kerap menjadi bahan tertawaan oleh teman temennya yang terlebih dahulu menjadi perokok, membuat seseorang memilih jalan ini.

7. Penasaran
         Rasa penasaran dan ingin tau seseorang menjadi salah satu alasan. Awalnya memang sekedar coba coba, tetapi kemudian menjadi pecandu. Dikelilingi orang orang perokok membuat seseorang yang awalnya hanya ingin tahu akhirnya menjadi pecandu.

8. Motto klasik
         Adanya motto klasik yang dianut setiap perokok. Motto perokok yang mempengaruhi seseorang yang tidak merokok menjadi perokok. Motto yang menjadi panutan setiap perokok adalah ;

" Merokok mati, gk merokok juga mati "


    Itulah beberapa alasan kenapa seseorang merokok. Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, Hindari rokok untuk anda yang memang tidak merokok, bisa mengontrol diri. Dan sebaiknya untuk para pacandu rokok mulai memikirkan kesehatan, sebisa mungkin mulai mengurangi jumlah rokok setiap harinya, dan mungkin suatu akhirnya bisa berhenti total. Semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih.



1 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.